Blogger, Apa yang Kau Lakukan Saat Berada di Pesawat?

4 Sep 2013

7268a8c20cd728ab895990b93c9115d3_naik-pesawat

Pernahkah Sahabat naik pesawat (udara)? Alat transportasi yang satu ini memang memegang peranan penting sebagai penghubung antar daerah dan kepulauan di Indonesia. Waktu tempuh dengan pesawat di udara jauh lebih singkat dibanding moda transportasi darat atau laut. Meski terkadang harga tiketnya cukup mahal, namun sebanding dengan manfaatnya.

Aku sangat bersyukur karena pernah mendapat kesempatan untuk merasakan naik pesawat, meskipun hanya penerbangan kelas ekonomi. Awalnya aku tidak paham tata cara bepergian melalui bandara karena terbiasa ‘terbang’ bersama rombongan kantor. Lambat laun akhirnya aku bisa paham juga, setelah terbiasa bepergian seorang diri, atau dengan sedikit orang.

Setelah menjadi seorang blogger, pengalaman setiap kali bepergian selalu menjadi hal yang luar biasa. Tak terkecuali bepergian dengan pesawat. Lau, apa yang Sahabat lakukan saat berada di pesawat? Apakah tidur? Mungkin rasa lelah yang mendera, membuat Sahabat merasa mengantuk. Tidur memang menjadi pilihan yang tepat. Atau mungkin bermain-main dengan gadget yang Sahabat miliki? Namun bila misalnya kantuk tak jua mendera, atau game sudah tak lagi seru, ada beberapa hal lain yang bisa kita lakukan sebagai seorang blogger :

1. Pasang mata

Sejak di bandara, hingga pesawat take-off, kita bisa memperhatikan setiap hal yang terjadi di depan mata kita. Orang-orang yang sedang menunggu, para pengantar, lalu lalang pramugari dan pekerja aviasi lainnya, atau bahkan senyum kasir kedai roti, bisa kita rekam dalam benak. Lalu ada juga pramugari yang memperagakan pemasangan sabuk pengaman, atau penumpang di samping kita yang penampilannya aduhai. Ada banyak hal untuk dilihat, dianalisa dan dipahami.

2. Pasang telinga

Apakah Sahabat enggan pasang mata? Khawatir bila dianggap aneh oleh orang lain? Pasang telinga saja! Meski misalnya mata tertuju pada buku atau koran di tangan, namun radar telinga tetap terpasang. Kita bisa mendengar tangis anak kecil yang kerap terdengar di pesawat, ada pula orang yang suka berbincang-bincang di pesawat dengan suara keras. Yang sering kulakukan adalah memperhatikan suara pilot atau awak kabin melalui pengeras suara, saat menjelaskan kondisi dan posisi pesawat.

3. Menulis

Mata dan telinga menjadi perwakilan indra yang kita gunakan untuk menyerap berbagai hal. Setelah informasi terserap ke otak kita, kita telah memiliki sedemikian banyak ide. Ide merupakan hal yang penting bagi blogger. Seorang blogger tentu tak ketinggalan alat untuk menulis, bukan? Gadget yang sudah diset pada modus penerbangan, bisa dipakai untuk menulis ide. Kemudian bisa kita wujudkan ide tersebut ke dalam bentuk tulisan yang berguna untuk update blog. Selain yang ada di sekitar kita, perasaan kitapun dapat kita eksplorasi dan tuliskan.

Seorang blogger bisa mendapatkan sumber ide tulisan dari berbagai tempat, termasuk di pesawat. Tak heran bila kemudian ada blogger yang bisa membuat beberapa tulisan, hanya dari sekali perjalanannya dengan menggunakan pesawat. Yuk, mari kita buka mata dan telinga, lalu menulis. :)


TAGS #30HariNonStopNgeblog blogger menulis ide pesawat


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post