Cara Mengatasi Blank Post di Blogdetik

6 Sep 2013

Seorang kawan blogger yang juga merupakan peserta tantangan #30HariNonsStopNgeblog di Blogdetik mengalami kepanikan tatkala tulisan yang sudah ia publish ternyata tidak muncul dalam postingan. Tampilan yang terlihat di blog hanya berupa judul saja, namun isi tulisannya tidak ada alias blank post. Aku sudah beberapa kali mengalami hal tersebut, sehingga aku mencoba membantunya untuk mencari cara mengatasi blank post di Blogdetik.

70b476d18e17ba6c043c84e40761d778_blank-postContoh blank post

Aku mencoba memberinya instruksi dengan cara yang biasa kulakukan, yaitu mengedit post dengan cara menghapus tulisan setelah sebelumnya meng-copy-nya terlebih dahulu. Baru kemudian mem-paste kembali tulisan kita. Setelah itu klik ‘update post’. Coba lihat blog, apakah tulisan sudah muncul atau belum. Ternyata kawan tersebut tidak berhasil juga, blognya masih kosong. Beberapa saat kemudian ia memberitahuku bahwa tulisannya sudah muncul di blog. Cara yang dilakukannya adalah mengetik ulang paragraf awal, lalu selanjutnya ia meng-copy sisa tulisannya dari Word.

Semalam lagi-lagi aku mengalami blank post, usai membuat tulisan untuk tantangan #30HariNonsStopNgeblog hari ke-20. Berulang kali aku mencoba cara di atas, atau cara yang dilakukan kawan itu, tetap tidak berhasil juga. Tulisanku tetap tidak muncul di blog. Kupikir, mungkin bila mengetikkan ulang secara keseluruhan, aku bisa berhasil. Ternyata blogku tetap kosong. Akhirnya, saat berbincang-bincang dengan seorang kawan di kolom chat Facebook, dia memberiku pencerahan.

Dari percakapan itu aku menarik kesimpulan bahwa penyebab blank post adalah karena tulisan yang kumuat dalam blog adalah hasil copy paste dari Word. Biasanya ada blogger yang terlebih dahulu membuat tulisannya di Word untuk antisipasi bila kondisi Blogdetik sedang maintenance, atau untuk memudahkan penghitungan jumlah kata. Jadi saat meng-copy tulisan dari Word, ada script yang juga terikut. Sedangkan script tersebut mungkin membuat tulisan tidak bisa muncul di web.

Apa yang bisa dilakukan agar tulisan kita bisa muncul di blog?

Ternyata caranya sangat mudah. Bila kita meng-copy tulisan dari Word, maka lakukanlah cara berikut ini.

6d0a2e048524332b7fd4fef4cd121f1f_kode-script1. Pada saat edit post, ubah ke bentuk HTML (bagian yang dilingkari merah)

2. Biasanya pada bagian atas tulisan terdapat kode/script (bagian yang digarisbawahi). Yang perlu dilakukan hanya menghapus kode-kode tersebut.

3. Klik ‘Update post’ dan lihat, tulisan kita sudah muncul di blog.

Cara lain untuk menghindari terjadinya blank post adalah dengan membuat tulisan di Notepad, bukan di Word, karena Notepad hanya terdiri dari tulisan dan bebas dari script. Notepad adalah salah satu aksesoris bawaan Windows. Notepad juga bisa diunduh gratis dari situs-situs penyedia software. Hanya saja, kekurangannya adalah tidak adanya penghitung jumlah kata. Namun cara ini juga bisa diatasi dengan meng-copy tulisan dari Word ke Notepad. Lalu tulisan di Notepad itu di-copy ke postingan.

Demikian cara mengatasi blank post di Blogdetik. Semoga bisa bermanfaat. Happy Blogging! ;)


TAGS #30HariNonStopNgeblog blogging Notepad Word blank post blogdetik


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post