Cinta Tanpa Hiatus Sang Kepala Daerah

11 Feb 2014

Apa sih sebenarnya yang ada di benak seorang calon kepala daerah-misalnya kota- saat menggelontorkan program-program andalan kepada publik daerahnya? Apakah bermaksud caper (cari perhatian), tepe-tepe (tebar pesona)? Atau memang serius untuk memberikan perhatian bila kelak benar-benar menjabat? Apapun bentuk programnya, aku yakin warga berharap agar program tersebut kemudian tidak terlupakan begitu saja saat kursi empuk di Balai Kota bisa diduduki oleh si calon kepala daerah.

Program yang paling sering didengung-dengungkan biasanya adalah mengenai kesehatan. Tak terkecuali di kotaku, program andalan walikota adalah pemberian jaminan kesehatan bagi warga Samarinda. Meski program ini menuai opini sinis, namun boleh dibilang banyak yang berpendapat positif mengenai pemberian jaminan ini. Telah banyak senyum warga yang terukir di tengah kesulitan yang mendera.

Di luar unsur politis yang (mungkin) hadir di balik jaminan kesehatan ini, aku menganggap pemberian jaminan kesehatan ini merupakan bentuk cinta pemerintah -dalam hal ini kepala daerah- kepada warganya. Bila dibandingkan dengan keluhan warga yang terdengar di daerah lain, yang kerap berteriak mencari perhatian karena penyakit yang dideritanya telah sedemikian beratnya namun tak kunjung diperhatikan pemerintah, tentu jaminan kesehatan di kotaku merupakan anugrah terindah bagi warga kotaku.

Sama sekali tidak salah, bila pemerintah kotaku memutuskan untuk memberi jaminan kesehatan kepada SEMUA warga yang berhak, tanpa memandang strata*. Ini adalah bukti cinta dan perhatian pemerintah kepada warganya. Memang benar warga telah membayar pajak. Bagi pemerintah yang peduli akan warganya, pasti akan memanfaatkan pajak itu untuk meningkatkan pembangunan di segala bidang, agar dapat dimanfaatkan seluas-luasnya oleh warga. Bayangkan saja, bagaimana bila pemerintah abai akan warganya?

Harapan terbesarku adalah adanya cinta tanpa hiatus dari pemerintah. Cinta yang terus mengalir tanpa henti kepada warga, tak peduli apakah walikota-nya telah berganti. Semoga program jaminan kesehatan ini bisa terus dilanjutkan, dan semoga senyum lebar warga akan terus terukir.

Cinta Sang Kepala Daerah dan Senyum Warga

Cinta Sang Kepala Daerah dan Senyum Warga

Ditulis untuk ikutan Giveaway Cinta Tanpa Hiatus

*Syarat dan ketentuan berlaku


TAGS jaminan kesehatan daerah cinta warga perhatian


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post